Ulasan Desain ASUS Zenfone 6 ZS630KL yang Elegan

Ulasan Desain ASUS Zenfone 6 ZS630KL yang Elegan

Diposting pada

ASUS Zenfone 6 ZS630KL atau yang juga dikenal dengan ASUS Zenfone 6 saja ini sudah hampir satu tahun menjelajah pasar Indonesia. Meski sudah lama, ternyata ponsel satu ini cukup menarik di kalangan pencinta dunia teknologi telekomunikasi.

Apa saja yang ditawarkan dari smartphone android ASUS series ini hingga banyak dicari di pasaran? Yuk simak ulasan berikut ini!

Segi Desain ASUS Zenfone 6 ZS630KL yang Apik

ASUS Zenfone 6 digadang-gadang menjadi salah satu ponsel yang menawarkan body yang elegan. Desain yang ditampilkan dalam ponsel ini digarap serius untuk memberikan kesan terbaiknya.

Hal ini bisa dilihat pada balutan pelindung Corning Gorilla Glass di bagian belakang dengan bingkai aluminium membuat ponsel ini terlihat solid. Bagian pinggir di belakang ponsel ini dibuat curved sehingga tidak terkesan kaku. Keempat sudut ponsel ini juga membulat membuat desain ponsel ini tampak lebih fleksibel.

Selain itu, adanya sensor sidik jari dengan bentuk persegi panjang dengan sudut melengkung membuatnya lebih cocok di bodynya. Tentu saja didukung dengan sensor sidik jari ASUS Zenfone 6 terasa cepat.

Yang menarik dari ponsel satu ini adalah di bagian atas sensor sidik jari, ada kamera flip yang jika naik ke atas menyisakan ruang yang cukup besar. Sistem kamera flip ini adalah daya tarik lain dari desain ponsel ini.

Sistem kamera flip ini hadir dengan teknologi  sistem putar yang memakai dua model di dua bagian. Modul sistem ini kabarnya terbuat dari liquid metal yang memiliki ketahanan empat kali lebih kuat dari baja.

Sedangkan untuk bagian samping, di bagian kiri ponsel ada slot untuk microSD dan SIM. Slot SIM-tray di ponsel ini hadir dengan tiga slot yang memungkinkan ponsel untuk memakai dua SIM dan slot microSD sampaI 1 TB. Tentu saja sangat menakjubkan bukan?

Untuk bagian kanan sendiri, dari paling atas, ada tombol untuk Google Assistant. Di bawahnya ada tombol volume, dan di bawah tombol volume, terdapat tombol power. Jika yang tidak terbiasa dengan keberadaan tombol google assistant, mungkin agar sedikit terganggu pada awal pemakaian. 

Di bagian bawah ponsel, terdapat port USB Type-C. Di sampingnya terdapat speaker yang  memiliki suara kurang maksimal. Meski demikian, tidak pula dikatakan jelek.

Sementara itu, di sebelah kanan port audio jack 3,5 mm. Jenis ini patut diapresiasi kehadirannya mengingat sudah banyak ponsel yang meninggalkan port audio jack 3,5

Secara umum, desain Asus Zenfone 6  ini memang solid dan tampilannya terlihat premium. Hal yang tidak bisa dilewatkan juga adanya desain kaca pelindung bagian belakang dan struktur kamera flip yang tergolong padat membuat ponsel ini memiliki build quality yang bagus.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 20: Spesifikasi dan Harga

Spesifikasi Layar 

ASUS Zenfone 6 ZS630KL
source: GSMarena.com

Asus Zenfone 6 memiliki layar 6,4 inci. Layar ponsel ini mengusung resolusi 1080 x 2340 pixels dengan kerapatan layar 403 ppi. Layarnya sudah mendukung DCI-P3 100% dan HDR10 yang membuat tampilan visual ponsel ini tergolong cerah dan bagus. 

Dengan layar tersebut, ponsel ini juga sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 6. Kualitas di sini memang tidak perlu diragukan lagi bukan?

Meski masih kalah dibandingkan ponsel kelas atas lainnya, tetapi untuk kualitas layarnya bisa diadu. Khususnya jika dibandingkan ponsel lain yang sama-sama menawarkan layar IPS tetapi tidak memiliki fitur DCI-P3 100% dan HDR10.

User Interface Terbaru

Asus Zenfone 6 ini muncul dengan dibekali OS Android 9 Pie. Sudah dipastikan lagi jika sekarang sistem yang digunakan adalah OS Android 10 karena ASUS sendiri memiliki kemajuan dan update yang cepat.

OS Android yang ditawarkan ponsel ini memiliki tampilan dan fitur menarik. Terimakasih untuk ZenUI 6 yang memberikan fitur-fitur tambahan tetapi tidak memberatkan tampilan antarmukanya.

ZenUI 6  ini memang didesain simple dan ringan. Tampilan atau user interface ini saja teras seperti Android murni. Hanya saja, beberapa fitur tambahan membuat ponsel ini seperti menawarkan OS Android murni plus.

Kamera yang Disajikan

Membicarakan kamera tentu saja tak lepas dari perhatian kamera flip di dalamnya. Smartphone ini menawarkan kamera depan dan belakang yang sama. Kamera flip smartphone bisa berputar 180 derajat. 

Kamera akan berputar jika memilih untuk melakukan selfie. Jika tidak menggunakan selfie, kamera akan tertutup kembali.

Kamera flip yang ditawarkan ponsel ini ada dua. Satu kamera utama dengan ukuran sensor 48 MP memiliki bukaan  f/1.6 dengan panjang fokal 26mm. Kamera ini memakai sensor terkenal, Sony IMX586. 

Sedangkan untuk kamera kedua yaitu ultra-wide dengan resolusi 13 MP. Kamera ultra-wide ini memiliki bukaan f/2.4 dengan panjang fokal 11 mm.

Membicarakan hasil gambar, ASUS Zenfone 6 dapat menghasilkan foto dengan kualitas detail yang baik. Warna yang dihasilkan tergolong bagus dan detail. Untuk kamera 48 MP di ponsel ini secara bawaan menghadirkan resolusi 12 MP. Untuk mengubah ke mode 48 MP, harus diubah di pengaturan.

Sedangkan untuk potret selfie, hasilnya bisa tergolong bagus. Tentu saja karena kamera yang digunakan adalah sama yaitu kamera flip. 

Di sini, kamera tidak hanya berfungsi sebagai alat potret, tetapi juga bisa sebagai face unlock. Sayangnya, untuk pembacaan sensor sidik jari lebih cepat responnya dibandingkan face unlock. Tetapi, secara keseluruhan resolusi kamera yang disajikan sudah maksimal. 

ASUS Zenfone 6 ZS630KL ini memang dirancang untuk pemakaian yang professional sehingga desain yang disajikan juga fleksibel tetapi elegan. Tertarik untuk mencoba ASUS series ini?