bisnis Baju Desain Sendiri

Cek, 7 Cara Memulai Bisnis Baju Desain Sendiri, Tidak Sesulit yang Dibayangkan!

Diposting pada

Cara memulai bisnis baju desain sendiri terkadang menjadi ketakutan bagi sebagian besar orang. Takut desain yang dibuat tidak sukai banyak orang, pasaran atau yang paling dasar bingung hendak memulai dari mana. Padahal mendesain sendiri lebih menguntungkan.

Tidak hanya bisa menjadi kebanggaan, tapi juga dapat menghemat biaya produksi. Bayangkan jika harus menyewa jasa desainer tentu lebih mahal. Desain yang dibuat pun disesuaikan dengan keinginan dan selera diri sendiri.

Tidak Harus Muluk, Ini Cara Memulai Bisnis Baju Bola Sendiri

Bisnis Baju Desain Sendiri
source: gobisons.ca

Bisnis baju untuk  bola atau jersey custom dengan desain sendiri belum banyak ditemui. Oleh sebab itu, bisa dikatakan jika bisnis ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan. Untuk memulai bisnis ini, cek cara mudahnya berikut ini;

1. Lakukan Riset Produk

Walau bisnis desain baju sendiri yang digarap adalah baju bola, riset produk tetaplah diperlukan. Ibaratkan riset ini adalah langkah awal untuk menentukan jersey seperti apa yang akan dijual. Tentunya tidak boleh asal memilih produk seperti apa yang akan dijual.

Data sesui dengan kondisi pasar sangatlah dibutuhkan. Tujuannya agar produk jersey yang dipilih nantinya dapat diterima pasar dengan baik. Cara yang paling tepat adalah dengan mengamati tren pasar yang sedang hits saat ini.

2. Kenali Target Pasar

Bisnis baju bola target pasarnya telah jelas, yakni pemain bola. Namun, bukan berarti langkah yang satu ini diabaikan begitu saja. Mengenal lebih dalam nantinya akan dapat menciptakan produk yang dibutuhkan dan disukai. 

Disamping itu juga dapat membantu dalam membuat strategi pemasaran produk yang tepat. Sebab tiap pemain sepak bola memiliki karakteristik yang yang sama. Baik dari segi kebiasaan, demografi dan yang lainnya.

3. Amati Kompetitor Bisnis

Kepo dengan kompetitor bukanlah suatu hal yang salah. Ada banyak manfaat yang akan didapat dengan melakukan hal ini. Demikian pula dalam hal bisnis baju olahraga, mempelajari karakteristik kompetitor adalah hal yang penting.

Hal penting yang harus diamati adalah tentang kelebihan dan kekurangannya. Bagaimana cara mereka memasarkan hingga distribusi produk. Dari pengamatan tersebut diharapkan nantinya dapat membuat produk dengan daya saing kuat.

Pengamatan lain yang dapat dilakukan adalah dengan cara mempelajari produk mereka. Mengunjungi website dan media sosial yang dimiliki kompetitor. Bisa juga dengan melihat riview dan membandingkan harga jersey custom yang diproduksi.

baca juga: Tips Memulai Bisnis Sablon untuk Pemula

4. Buat Perencanaan Bisnis

Setelah menemukan model  jersey yang akan diproduksi, masih ada hal penting lain yang harus disiapkan. Hal tersebut adalah membuat perencanaa bisnis yang lebih konkret. Konsep bisnis ini yang akan jadi pedoman dalam menjalankan bisnis. 

Oleh sebab itu, dalam pembuatannya tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Semuanya harus dipersiapkan dengan matang dan teliti. Salah dalam membuat pedoman bisnis akan berakibat buruk nantinya dalam perjalanan bisnis baju olahraga.

5. Persiapkan Modal

Dalam memulai bisnis apapun, walaupun bisnis baju desain sendiri peran modal sangatlah penting. Namun, banyak atau sedikitnya modal bukanlah satu-satunya penentu keberhasilan bisnis baju. Terpenting adalah mampu mengatur modal yang tersedia.

Oleh karena itu harus dilakukan pembuatan rincian anggaran dengan tepat. Semua hal yang berkaitan dengan anggaran, baik itu pemasukan atau pengeluaran harus dicatat sebaik mungkin. Agar lebih efisin bisa membuat semacam laporan kas atau neraca keuangan.

6. Persiapan Produk

Menciptakan produk yang memiliki ciri khas dan keunggulan adalah sebuah kewajiban. Tentunya agar produk baju olahraga yang dibuat dapat bersaing dengan kompetitor. Jadi penting untuk menyajikan produk original dan beda dengan yang lain.

Untuk menyajikan produk yang berkualitas dimulai dengan desain jersey yang unik. Pemilihan bahan jersey yang tepat serta warna yang akan digunakan. Jangan lupa untuk mencari produsen yang akan memproduksi baju bola tersebut.

7. Buat Desain Logo Brand

Jangan pernah menganggap sepele logo brand. Sebab logo brand dapat disebut sebagai cerminan atau citra konsep bisnis yang dilakukan. Logo brand juga sering dikaitkan dengan visi yang ingin dilihat pelanggan.

Jadi, dalam pembuatan logo brand ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Buat sesimple mungkin agar mudah diingat banyak orang. Filosofi dari logo tersebut juga harus jelas dan menyesuaikan dengan visi yang diusung.

Demikianlah tentang cara membuat baju bola desain sendiri yang mudah dan simple. Jika dibaca kembali, tidak terlalu sulit bukan?. Jadi, tunggu apalagi, segera ciptakan brand jersey bola sendiri yang nantinya akan jadi kebanggaan.