4 Cara Iklan Instagram Tertarget, Mudah Dicoba Pemula
Sumber gambar: pexels.com/Prateek-Katyal

4 Cara Iklan Instagram Tertarget, Mudah Dicoba Pemula

Diposting pada

Tentu saja, kamu pasti tahu apa itu Instagram. Yup, platform sosial media ini cukup populer dan sering orang gunakan untuk berkomunikasi atau berbagi momen dalam bentuk foto dan video. Nah, pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara iklan Instagram tertarget yang juga berguna untuk pelaku bisnis online

Namun perlu kamu ketahui bahwa menggunakan aplikasi Instagram memiliki potensi yang cukup tinggi untuk bisnis atau penjualan produk karena ada jutaan pengguna aktif setiap hari. Tentu saja, kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan mulai berjualan di salah satu sosial media tersebut. 

Hm, Kenapa Harus Instagram? 

Instagram sendiri memiliki berbagai manfaat yang ditawarkannya untuk membantu bisnis kamu, salah satunya adalah adanya fitur berbagi yang bisa pengguna gunakan secara gratis. Seperti hashtag, arsip, pembuatan postingan, dll. 

Namun, fitur berbagi yang bisa kamu buat untuk iklan gratis tersebut hanya bisa dijangkau sampai ke followers atau pengikut saja. Nah, supaya lebih efektif dan luas, kamu bisa membuat iklan berbayar (Instagram ads) untuk menarik lebih banyak calon pembeli supaya membeli produk yang kamu jual. 

Instagram Ads adalah fitur berbayar yang bisa kamu gunakan untuk membuat iklan dan mempromosikan produk yang akan dilihat oleh banyak pengguna lainnya di berbagai wilayah (bisa hanya dalam satu daerah maupun seluruh Indonesia). Tentu saja, kamu harus membayar untuk bisa menggunakan fitur tersebut.

Cara Iklan Instagram Tertarget dengan Cepat Untuk Pemula

Cara Iklan Instagram Tertarget dengan Cepat Untuk Pemula
Sumber gambar: pexels.com/Wolfs-Rib

Berikut ada beberapa tips cara membuat target Instagram Ads yang bisa kamu lakukan sekaligus mengenal lebih dalam dari fitur tersebut.

 1. Membuat Iklan melalui Facebook 

Sebelum kamu mulai membuat iklan di Instagram, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka akun Instagram Ads. Langkah ini kamu perlukan untuk mengubah Instagram pribadi menjadi akun bisnis dan membutuhkan akun Facebook untuk memudahkan kamu mengelola iklan yang akan ditayangkan. 

Langkah selanjutnya adalah mulai membuat halaman penggemar (page) melalui akun Facebook, halaman tersebut mempunyai fungsi untuk kamu kelola dan menerima notifikasi. Selain itu, page juga membantu supaya bisa beriklan secara bersamaan di dua platform, Facebook dan Instagram. 

2. Pilih Opsi untuk Beriklan

Cara menargetkan iklan Instagram selanjutnya adalah menentukan iklan mana yang akan kamu tayangkan. 

Namun sebelumnya, kamu perlu menetapkan anggaran dan jenis tayangan terlebih dahulu. Facebook sendiri memiliki dua metode periklanan yang berbeda, yaitu Optimal Budgeting dan Experimental Ad Delivery. 

Nah, anggaran yang optimal adalah ketika kamu bisa menampilkan iklan yang optimal dengan batas anggaran yang sudah kamu tetapkan sebelumnya. Namun apabila anggaran untuk iklan tersebut cukup terbatas, kamu bisa atur dengan strategi kampanye di Facebook. 

3. Target Audiens

Pada bagian ini, kamu bisa mengelola iklan yang sedang berjalan supaya bisa muncul pada pengguna tertentu yang tertarget, misalnya, konsumen setia atau yang telah melakukan transaksi di akun ini. Namun, kamu bisa mengosongkan bagian ini supaya lebih mudah diakses oleh pengguna baru. 

Nah, pada bagian lokasi, silahkan atur lokasi target sesuai keinginan. Apabila kamu mentargetkan semua pengguna di Indonesia, kamu bisa langsung menentukan lokasi di Indonesia tanpa mengatur kode pos, kota, dan detail lainnya. Namun, untuk lebih spesifik menjangkau tempat-tempat tertentu, kamu harus menambahkan lokasi informasinya. 

Selanjutnya, kamu juga perlu menentukan jenis kelamin, kesukaan pengguna, dan usia target di pengaturan. Jadi pastikan pengaturan tersebut sudah benar supaya iklan yang nantinya kamu kepada pengguna sesuai dengan target yang sudah ditetapkan. 

4. Pilih Format Iklan

Cara terakhir untuk menargetkan iklan Instagram adalah dengan memilih format iklan yang akan kamu gunakan. Instagram sendiri menawarkan beberapa fungsi dalam lima format iklan yang bisa digunakan oleh pengiklan, dari video tunggal konten carousel

Untuk mendapatkan hasil maksimal, pilih format iklan yang tepat untuk bisnis kamu. Jangan lupa juga untuk menambahkan judul posting dan deskripsi produk yang  kamu jual supaya menarik minat pengguna. 

Hm, jangan lupa bayar iklan sesuai dengan anggaran yang kamu tetapkan supaya iklan bisa muncul di platform Facebook atau Instagram. Yup, jadi seperti itulah 4 cara iklan Instagram tertarget yang mudah bahkan murah untuk kamu coba dalam meluaskan jangkauan bisnis. Yuk, coba sekarang!.