Cara Melamar Pekerjaan Menggunakan Email
Cara Melamar Pekerjaan Menggunakan Email

7 Cara Melamar Pekerjaan Menggunakan Email Yang Benar

Diposting pada

Cara Melamar Pekerjaan Menggunakan Email – Mengirim lamaran kerja melalui Internet praktis dan mudah. Tapi apakah Anda sudah tahu cara melamar pekerjaan menggunakan email yang benar? Untuk memahaminya simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Kemajuan internet dan teknologi memudahkan kita untuk melakukan banyak hal tanpa harus keluar rumah, termasuk mengirim lamaran kerja melalui email. Meskipun melamar melalui email itu nyaman, sederhana dan cepat, masih ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Pasalnya, masih banyak pencari kerja yang belum mengetahui cara mengirim lamaran melalui email dengan benar. Permohonan yang salah atau salah format tidak akan terbaca oleh Human Resources Development (HRD), apalagi mendapat jawaban atau balasan dari perusahaan.

Oleh karena itu, Anda harus tahu apa yang penting saat mengirim surat lamaran agar email Anda terbaca dan jawaban langsung diterima.

Untuk membantu Anda, coba langkah-langkah berikut.

Cara Melamar Pekerjaan Menggunakan Email

1. Siapkan Semua Dokumen Yang Diperlukan

Cara mengirim email lamaran yang pertama adalah dengan menyiapkan beberapa dokumen pendukung terlebih dahulu. Pastikan Anda telah menyiapkan dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan perusahaan.

 Cara Melamar Pekerjaan Menggunakan Email

Dokumen yang dibutuhkan antara lain:

  •       Surat Lamaran
  •       Resume yang bagus dan menarik
  •       Scan Ijazah, Daftar Nilai, KTP, Ijazah dan Foto yang disyaratkan oleh perusahaan
  •       Kualitas file yang dikirim bagus dan tidak boleh terlalu kecil atau terlalu besar
  •       Jangan mengedit atau mengubah file asli
  •       Pastikan format file sesuai dengan persyaratan perusahaan, mis. .doc, .pdf atau .jpeg

2. Gunakan Alamat Email Profesional

Biasakan menggunakan nama dan alamat email yang sesuai dengan nama lengkap Anda saat melamar. Hindari menggunakan alias atau kata tambahan dalam email. Jangan khawatir, Anda dapat dengan mudah menulis email dari ponsel Anda.

3. Ikuti Pengiriman Standar

Ada beberapa standar penulisan lamaran melalui email dan pengiriman surat lamaran kerja, antara lain:

  •       nama penerima email yang dituju;
  •       cc penerima
  •       subjek akademik
  •       konten email; dan
  •       lampiran yang benar

Tulis nama penerima dengan ejaan yang formal dan benar, cc di email lain jika perusahaan memintanya. Kemudian isi subjek sesuai dengan posisi yang ingin Anda lamar atau ikuti instruksi perusahaan. Jangan lupa untuk mengisi teks email secara formal dan melampirkan dokumen pendukung.

4. Mengirim File tidak dalam Format Zip/Rar

Pastikan file yang Anda siapkan tidak dalam format ZIP atau RAR.

Alasan untuk ini adalah bahwa bentuk zip dan rar adalah bentuk kompresi file yang memungkinkan banyak file untuk digabungkan menjadi satu file yang lebih kecil.

Selain itu, menjadi sulit bagi departemen sumber daya manusia atau perekrut untuk mengubah dokumen Anda.

5. Penggunaan Bahasa Resmi

Jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan bahasa dalam email lamaran pekerjaan. Menggunakan bahasa resmi atau formal baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Tentu saja, Anda harus menghindari penggunaan bahasa yang kasar atau tidak resmi, seperti penggunaan bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan teman sebaya.

Perhatikan juga tanda baca dan penggunaan huruf kapital seperti pada nama perusahaan, nama Anda, dan nama departemen SDM atau perekrut yang Anda maksud. Pastikan tidak ada kesalahan, karena kesalahan ini dapat memberikan kesan tidak akurat.

6. Perhatikan Waktu Pengiriman Email

Cara melamar pekerjaan menggunakan email selanjutnya adalah dengan memperhatikan waktu pengiriman. Saat mengirim lamaran melalui email, ada baiknya mengirimkan lamaran pada jam kerja, yaitu antara jam 9 pagi sampai 12 siang atau jam 1 siang sampai jam 4 sore. Pastikan juga lowongan yang Anda incar masih tersedia.

Hal ini menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang profesional dan serius melamar pekerjaan.

7. Pastikan Alamat Email Perusahaan Sudah Benar

Sebelum mengirimkan lamaran pekerjaan Anda, pastikan alamat perusahaan pengirim sudah benar. Alasannya adalah karena kesalahan satu huruf saja bisa mengakibatkan surat lamaran Anda tidak terkirim ke email perusahaan, dan ini merupakan kesalahan yang sangat fatal.

Juga, periksa apakah semua dokumen yang diperlukan telah dilampirkan. Membaca ulang akan membantu Anda menentukan dan mengoreksi jika Anda membuat kesalahan ejaan.

Demikian ulasan cara melamar pekerjaan menggunakan email, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang sedang mencari pekerjaan. Silahkan diterapkan dan semoga berhasil.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Cara Download Lagu di YouTube Jadi MP3 Tanpa Aplikasi