7 Cara Memulai Bisnis Online di Instagram untuk Produk Kecantikan
Sumber gambar: pixabay.com

7 Cara Memulai Bisnis Online di Instagram untuk Produk Kecantikan

Diposting pada

Bagaimana sih cara memulai bisnis online di Instagram? Hm, sebelum masuk ke topik inti, kamu harus coba memikirkan dan memikirkannya lebih dalam, bisakah memulai bisnis hanya dengan menggunakan media Instagram?.

Memulai Bisnis Melalui Instagram? Memangnya Bisa?

Jawabannya tentu saja antara ya atau tidak. Hal ini tidak mungkin jika hanya membatasi bisnis sebagai istilah untuk kegiatan untuk meningkatkan ekonomi yang memiliki komponen termasuk kantor, karyawan dan karyawan berdasarkan pangkat. Hm, tidak seperti itu saja.

Karena apabila kamu menganggap bisnis sebagai kegiatan yang melayani kepentingan banyak orang, lalu meraup banyak keuntungan dari hal tersebut bahkan reputasi untuk brand yang baik dan potensi untuk terus berkembang, maka pertanyaan tadi jawabannya sangatlah mungkin. 

Kamu bisa melihat, berapa banyak pedagang online yang sukses berjualan hanya dengan melalui Instagram. Tentu saja, ada beberapa proses yang bisa menjadi contoh dan motivasi yang baik dalam hal tersebut. 

Bisnis produk makanan, kosmetik yang diproduksi langsung melalui Maklon Kosmetik, hadiah atau barang kreatif dan akun selebriti adalah bukti nyata bahwa bisnis ini bisa menjadi begitu besar, meraup ratusan juta sebulan dengan margin keuntungan yang sangat besar. 

Yup, tentu saja menarik karena hanya dengan menggunakan 1 platform yang biasa disebut Instagram ini. 

Hal Dasar untuk Menjalankan Bisnis Online dengan Instagram

Hal Dasar untuk Menjalankan Bisnis Online dengan Instagram
Sumber gambar: pixabay.com

Nah, pada artikel kali ini, kami akan berbagi sedikit pengalaman tentang bagaimana memulai bisnis melalui media Instagram. Setidaknya ada 4 hal dasar yang perlu kamu perhatikan saat menjalankan bisnis online Instagram tersebut. Yuk, bahas!. 

1. Konsisten Posting

Lebih dari  400 juta akun aktif di Instagram setiap harinya. Namun apabila akun kamu hanya sesekali ditampilkan di platform Instagram, yakinlah bahwa akan sangat sulit untuk bersaing dengan akun pesaing bisnis lainnya yang memang konsisten dalam mengunggah konten.  

2. Optimasi Postingan 

Sebenarnya ada berbagai cara untuk mengoptimalkan setiap postingan dan keterangan Instagram kamu yang berguna meningkatkan tayangan dan jangkauan. Nah,berikut beberapa informasinya: 

Gunakan tagar atau hashtags yang relevan dengan topik. Pilih tagar yang memiliki volume rendah agar postingan kamu bisa naik ke Top Content. Lalu gunakan gambar yang memang menarik secara visual. 

Ajukan pertanyaan terbuka seperti minta orang lain untuk menulis sesuatu di kolom komentar (review, jawaban, sharing). Posting kutipan motivasi atau bagikan kisah-kisah pribadi dengan sisi emosional yang tinggi sehingga menimbulkan empati.  

3. Buatlah Komunikasi Yang Baik

Bagaimanapun juga, Instagram adalah sebuah platform sosial media. Jadi kamu tidak bisa bersosialisasi hanya dengan “menjual” saja. Sebaiknya, jualan lah dengan cara bersosialisasi yang baik dengan audiens kamu. 

Hm, jangan selalu memposting penjualan atau iklan secara terus menerus, buat beberapa konten yang sangat berguna untuk pelanggan kamu. 

Seperti misalnya kamu menjual beberapa masker organik yang diproduksi oleh Maklon Kosmetik, buatlah beberapa konten yang tips dan informasi lainnya soal manfaat penggunaan masker tersebut. 

Dengan konten yang bagus, orang akan melihat akun kamu dan bahkan membagikan konten yang kamu buat kepada orang lain. Nah, ini adalah tujuan utama yang harus kamu prioritaskan dalam kehadiran salah satu platform media sosial.

Cara Memulai Bisnis Online di Instagram untuk Kecantikan

7 Cara Memulai Bisnis Online di Instagram untuk Produk Kecantikan
Sumber gambar: pixabay.com

Untuk kamu yang baru saja ingin memulai bisnis kosmetik melalui platform Instagram, penting hukumnya mengetahui beberapa cara untuk memulainya. Tentu saja, cara di bawah ini sudah disesuaikan dengan trend yang bisa kamu coba. 

1. Berikan Promo dan Diskon

Sebagai bisnis yang baru saja merintis di Instagram, tidak ada salahnya memberikan promosi atau diskon untuk calon pembeli baru supaya mereka cepat tertarik untuk membeli produk yang kamu jual. 

Namun jangan asal memberi promo atau diskon saja! Setidaknya berilah satu syarat seperti membagikan salah satu postingan dari konten yang ada di profil kamu atau memberikan likes (suka) di postingan tertentu. Buktinya bisa berupa screenshot (tangkapan layar) yang dikirimkan melalui Direct Message (DM). 

Kalau kamu merasa cara di atas lumayan sulit untuk menarik calon pembeli, cobalah beri promosi atau diskon di hari-hari tertentu. Misalnya ada diskon di hari kasih sayang, hari kemerdekaan, dll. Berilah 5-10% diskon atau promosi beli 2 gratis 1 untuk produk tertentu.

2. Hashtags? Jangan Sampai Tidak Dipakai!

Nah, mungkin masih banyak yang menganggap sepele fungsi dari hashtags di postingan Instagram. Ternyata manfaatnya sangat berguna, lho! Akun yang kamu gunakan untuk berjualan bisa lebih cepat mencapai target audiens yang memang mencari konten dengan topik tertentu. 

Misalnya hashtag #kosmetik, sudah pasti orang-orang yang mencari tagar tersebut di kolom komentar adalah orang-orang yang membutuhkan kosmetik, butuh tutorial, tips, dan hal lainnya yang berkaitan. 

Namun coba untuk cari tagar yang mempunyai volume posting kecil, supaya konten kamu bisa cepat ada di postingan teratas dari hashtag tersebut. 

3. Rutin Memposting Konten

Yup, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rajin memposting konten lebih mudah mengoptimasi akun Instagram bisnis yang kamu gunakan untuk berjualan.

Tentu saja, jika kamu rutin membuat konten dan mempostingnya, orang akan langsung menilai akun tersebut aktif dan tidak membuat mereka ragu untuk membeli produk kecantikan yang kamu jual. 

Perhatikan juga penggunaan caption yang menjadi informasi detail di setiap postingan kamu. Jelaskan sedetail mungkin sampai pembeli sekiranya tidak perlu menanyakan hal-hal lain yang membuat mereka ragu untuk membeli. 

4. Gunakan Gambar atau Foto Produk Berkualitas Baik

Pada cara memulai bisnis online di Instagram selanjutnya, jangan sampai menggunakan foto produk untuk iklan yang beresolusi rendah. Tentu saja, hal tersebut membuat kualitas konten menjadi tidak baik. 

Pasalnya, setiap pembeli ingin melihat contoh produknya terlebih dahulu melalui gambar dengan detail. Baik itu dari segi warna dan jenis kemasan, tekstur produk, dan komposisi harus detail ada di dalam postingan iklan. 

Selain itu, ambilah foto dengan beberapa sudut yang menarik, sehingga foto yang dihasilkan nanti tidak terlihat membosankan. Jadi mengambil foto untuk iklan sedikit harus menggunakan teknik fotografi yang baik, demi iklan yang menarik. 

5. Tentukan Target Jumlah Followers

Selanjutnya, angka followers sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Tetapi jangan tergiur dengan jasa-jasa yang menjual jasa untuk menambah followers di internet, tentu saja itu akan membahayakan akun bisnis kamu dan target yang kamu inginkan tidak akan sesuai. 

Banyak pengalaman yang sudah membuktikan, followers organik (followers yang memang didapatkan karena ketertarikan) sangat lebih baik dibanding kamu membeli pengikut yang harganya tidak seberapa namun membuat akun kamu menjadi tidak baik. 

6. Gunakan Fitur Promosi

Selanjutnya, gunakan fitur promosi untuk mengiklankan produk kamu ke jangkauan yang lebih luas. Pada fitur promosi di Instagram atau Instagram Ads, kamu memang harus membayar untuk bisa menggunakan tools yang satu ini. 

Namun jangan salah, meskipun tidak gratis, iklan yang bisa kamu pasang bisa langsung tertuju kepada target market yang sesuai. 

Misalnya untuk produk skincare collagen sebagai anti aging dengan target market wanita umur 27 tahun sampai 35 ke atas. Nah, kalau kamu gunakan fitur Ads, tentu saja iklan tersebut akan langsung tertuju ke target market. Satu lagi, kamu harus mengubah akun instagram ke akun bisnis untuk dapat menggunakan instagram ads.

7. Pasang Testimoni

Jangan lupa untuk memasang testimoni yang pernah diberikan pembeli sebelumnya. Testimoni berguna untuk menambah kepercayaan calon pembeli baru. Kamu bisa memasang bukti kepuasan tersebut di Highlight Instastory profil Instagram bisnis yang kamu gunakan. 

Jadi seperti itulah cara memulai bisnis online di Instagram yang baik dan bisa memperluas jangkauan calon pembeli. Jangan lupa untuk membuat konten yang menarik dan gunakan fitur promosi.