Site icon Metanteibayoo

Samsung Galaxy Note 20: Spesifikasi dan Harga

Samsung Galaxy Note 20: Spesifikasi dan Harga

Samsung memang tidak pernah ketinggalan dalam menyajikan tipe ponselnya yang ciamik. Produk terbarunya yaitu Samsung Galaxy Note 20 menjadi ponsel terbarunya dengan berbagai kelebihan. Produk ini menjadi yang paling ditunggu dalam acara Galaxy Unpacked. 

Alasannya adalah Galaxy Note bisa dikatakan sebagai ponsel terbaik dari Samsung dengan tampilan yang selalu futuristik, fitur tercanggih dan tak kalah premiumnya dengan iPhone yang menjadi saingan terbesarnya, walaupun perbedaan Android dan iPhone ini tetap ada. Apa saja kelebihan Samsung Galaxy Note 20 ini?

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 20

Smartphone ini sudah menggunakan OS Android 10, One UI 2.1 Selain itu, prosesornya menggunakan chipset Exynos 990 (7 nm+).  Ponsel ini dibekali dengan CPU Octa-core (2×2.73 GHz Mongoose M5 & 2×2.50 GHz Cortex-A76 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)

Dengan RAM 8 GB dan Internal Memori sebesar 256 GB, membuat Samsung jenis ini cocok untuk menyimpan berbagai file di dalamnya. 

Smartphone ini memiliki layar 6.7 inci, 1080 x 2400 piksel, 20:9 ratio. Fitur yang tak kalah ciamik adalah kamera utama 12 MP, f/1.8 + 64 MP, f/2.0 + 12 MP, f/2.2 dan kamera depan: 10 MP, f/2.2. Dengan spesifikasi kamera ini, tentu saja membuat hasil jepretan jadi profesional.

Baterai bawaan ponsel ini memiliki kapasitas 4.300 mAh yang akan bertahan seharian. Selain itu, Samsung Galaxy Note 20 juga sudah memiliki konektivitas USB Type-C, Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.0. 

Dengan berat 192 gram, membuat ponsel ini tidak berat di genggaman. Varian Samsung Galaxy Note 20 ini memiliki tiga variasi warna yang elegan, yaitu Mystic Green, Mystic Bronze, Mystic Gray.

Layar Super AMOLED FHD+ dengan HDR10+

source: pocket-lint.com

Samsung Galaxy Note20 ini memiliki kualitas layar yang luar biasa untuk ponsel dengan banderol harga yang ditawarkannya. Layarnya menggunakan panel Super AMOLED dengan ukuran sebesar 6,7 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel).

Layar ini juga memiliki kerapatan piksel 393 ppi dan aspek rasio 20:9. Untuk menghadirkan kontras rentang dinamis yang lebih luas, Samsung membekali layar Note20 dengan sokongan teknologi HDR10+.

Baterai Tahan Lama

Demi menunjang produktivitas yang bertahan lama, Samsung Galaxy Note20 menghadirkan baterai tipe Lithium-Ion dengan kapasitas 4.300 mAh.

Ini menjadi peningkatan dari serie Samsung Galaxy Note10 yang hanya menghadirkan baterai 3.500 mAh saja. Dengan tambahan kapasitas baterai menjadi 4.300 mAh pastinya bisa menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa takut notifikasi low-batt.

Di pasar HP flagship, ponsel dengan baterai 4.000-an ke atas sudah tergolong besar, terlebih karena Samsung Galaxy Note20 juga sudah dibekali dengan panel Super AMOLED yang menghadirkan tampilan true black sehingga bisa menjaga baterai agar lebih awet.

Penggunaan S Pen

Seri Note 20 ini memang diperuntukkan untuk produktivitas yang lebih fleksibel, itulah sebabnya Samsung menghadirkan pen stylus yang pengunaannya sangat nyaman.

Kehadiran stylus bernama S Pen ini memungkinkan penggunanya untuk mencatat, menggambar, ataupun melakukan navigasi dengan cara yang lebih simpel. Pengguna bisa meningkatkan produktifitas dengan satu ponsel ini.

Baca juga: Berita HP OPPO Terbaru

Pengembangan perangkat lunak pada ponsel ini juga kian mengoptimasi penggunaan S Pen ketimbang seri terdahulunya. Kali ini pengguna dapat memanfaatkan S Pen untuk berbagai tambahan gesture baru, dan bisa dilakukan pada aplikasi apa saja, kapanpun yang diinginkan.

Fitur ini juga bisa memberikan anotasi pada screenshot, mengedit file PDF, atau melakukan navigasi pada kamera, semua bisa dilakukan dengan cara yang berbeda berkat adanya S Pen ini.

S Pen juga dapat berfungsi sebagai remote control lho pada monitor tambahan seperti Smart TV dengan jarak maksimal sekitar 10 meter. Selain itu, menulis menggunakan S Pen sungguh terasa seperti asli, karena menawarkan latensi sangat rendah yakni hanya 26 milidetik.

Baca juga: Teknologi 5G yang Hits dan Terbaru

Fitur-Fitur Kamera yang Canggih

Sama dengan banyak pemberitaan di luar sana, kelebihan ponsel cerdas satu ini terletak pada kameranya. Ponsel ini dibekali dengan fitur-fitur kamera yang jarang ditemui pada ponsel lain di kelas harga high-end.

Kelebihan Samsung Galaxy Note 20

Keunggulan serie ini dibandingkan yang lain tentu saja ada di kameranya. Ponsel yang dibekali dengan tiga sensor di bagian belakang ini membuatnya jadi yang terdepan dalam hal kamera. Satu dari tiga sensor perangkat ini bahkan membawa ukuran 64 MP yang tentunya cukup besar.

Selain sensor 64 MP untuk telephoto dengan bukaan f/2.0, ponsel cerdas ini juga dilengkapi dengan sensor 12 MP dengan bukaan f/1.8 serta sensor 12 MP ultra wide dengan bukaan f/2.2. Ditambah lagi, Samsung Galaxy Note 20 menyematkan kamera selfie depan 10 MP dengan bukaan f/2.2 yang berada di bagian punch hole layar.

Harga yang Sebanding

Membicarakan soal harga, Samsung Galaxy Note 20 ini dibanderol dengan harga Rp15 jutaan. Untuk pembelian perangkat ini akan mendapat bonus e-voucher untuk pembelian Samsung Galaxy Buds Plus seharga Rp2,4 jutaan.

Dengan harga kisaran tersebut, tentunya tidak bisa dipungkiri bahwa spesifikasi Galaxy Note 20 sangat bagus dan canggih. Dengan berbagai fitur di dalamnya, tentu saja akan memberikan kemudahan dalam beraktivitas bukan?

Kekurangan Samsung Galaxy Note20

Samsung Galaxy Note 20 ini memang didesain sebagai ponsel yang cocok bagi penggunanya yang menggunakan ponsel sebagai piranti kerja sehari-hari. Dengan berbagai keunggulan di dalamnya, ponsel ini juga memiliki kekurangan lho. Apa saja?

Hanya Menghadirkan Gorilla Glass 5

Ponsel yang dibanderol dengan harga di atas 10 juta rupiah ini sayangnya hanya dibekali dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5. Pasalnya, Note20 series digadangkan sebagai flagship dengan inovasi terkini, sehingga cukup aneh jik model regulernya ini tidak menghadirkan Gorilla Glass 6.

Berbeda dengan serie ini, serie Samsung Galaxy Note 20 Ultra sudah dilapisi Gorilla Glass Victus yang mana sudah menjadi versi terbaik dari Gorilla Glass saat ponsel diluncurkan.

Jika dilihat seksama, varian 5 ini memang bukan pilihan yang terlalu buruk, karena masih sanggup menawarkan pertahanan pada layar yang sangat baik, sekalipun sudah pernah jatuh beberapa kali.

Tetapi, tetap saja, layar Gorilla Glass 5 bukanlah yang terbaik yang bisa didapatkan dengan harga tersebut. Terlebih mengingat Samsung Galaxy Note10 saja masih lebih unggul dengan Gorilla Glass 6.

Hanya Tersedia Refresh Rate 60 Hz

Terlepas dari layarnya yang sudah mengusung HDR10+ dan panel Super AMOLED, Samsung Galaxy Note 20 ini masih menghadirkan laju penyegaran yang standar, yakni 60 Hz.

Laju penyegaran yang tinggi biasanya banyak ditemukan pada ponsel-ponsel flagship, seperti Samsung Galaxy S20, OPPO Find X2 Pro, Realme X50 Pro, dan masih banyak lagi. Setidaknya, HP di harga Rp10-jutaan sudah menghadirkan laju penyegaran 90 Hz atau 120 Hz.

Inilah yang menjadi kelemahan dari Samsung Galaxy Note20, dengan laju penyegaran 60 Hz yang dimilikinya pengguna hanya dapat menikmati tampilan pergerakan layar yang biasa-biasa saja.

Meski demikian, ponsel satu ini menjadi salah satu referensi jika ingin menggunakan ponsel dengan kualitas yang mumpuni, terlebih di sisi kameranya. Tertarik untuk membelinya?

Exit mobile version