Negara yang Telah Menggunakan Teknologi 5G

Negara yang Telah Menggunakan Teknologi 5G

Diposting pada

Kemajuan teknologi menjadi salah satu hal yang penting saat ini. Teknologi telekomunikasi, transportasi, hingga piranti rumah tangga pun terus mengalami perbaikan. Salah satunya adalah dengan penggunaan jaringan 5G.

Mengenal Teknologi 5G

Era jaringan 5G sudah mulai bertahap dilakukan. Jaringan 5G ternyata tidak hanya berdampak pada ponsel android dan iPhone saja, tetapi juga rumah, transportasi dan tempat kerja, serta mengancam pekerjaan jutaan orang lho.

Teknologi baru berbasis 5G akan mengendalikan mobil tanpa pengemudi, menghadirkan panggilan telepon hologram, dan menciptakan realitas di mana saja.

Uji coba teknologi ini di Amerika Serikat (AS) menunjukkan bahwa 5G memberikan kecepatandata hingga 1.000 Mbps per detik. Ini 25 kali lebih cepat dari kecepatan 4G dan berpotensi meningkat kecepatan hingga 10Gbps.

Dilansir di The Sun, Internet Of Things (IoT) yang banyak digunakan ini dimungkinkan pada jaringan baru yang sangat cepat. Artinya mesin akan saling berbicara secara otonom, tanpa keterlibatan manusia di dalamnya.

Jika semuanya ini menggunakan jaringan 5G, maka tak heran jika akses yang cepat tanpa campur tangan manusia di dalamnya bisa diatasi dengan mudah.

Misalnya saja, alat berbasis 5G bisa membuat dunia kedokteran berubah. Perangkat berbasis 5G memungkinkan ahli bedah melakukan operasi dengan jarak jauh dan hanya mengandalkan robot. 

Kemudahan yang diberikan dalam berbagai teknologi telekomunikasi juga tentunya akan berubah. Pengguna berbagai perangkat bisa menggunakan berbagai jenis alat untuk berkomunikasi tanpa hambatan meski terbentang jarak yang jauh.

Editor dari The Sun Daniel Jones mengatakan Inggris memimpin dengan 5G. Dengan salah satu jaringan terbesar dan tercepat, perusahaan-perusahaan Inggris dapat memimpin dalam menciptakan gawai dan layanan yang memanfaatkan teknologi pengubah permainan ini.

Negara mana saja yang saat ini sudah menerapkan jaringan 5G di berbagai aspek kehidupannya, khususnya untuk akses teknologi telekomunikasi? Berikut daftarnya.

Baca juga: Rekomendasi HP dengan Kapasitas Baterai Besar

Negara yang Sudah Mengimplementasikan 5G

Negara yang Sudah Mengimplementasikan teknologi 5G

Amerika Serikat

Meski kecepatan 5G dan jangkauannya di Amerika Serikat masih jauh dari sempurna, jaringan 5G bisa diakses di sejumlah kota besar di Negeri Paman Sam. Hingga saat ini, hanya ada tiga operator utama yang menyediakan 5G yaitu Verizon, T-mobile and AT&T.

Keberadaan 5G ini tentunya menjadi langkah yang cukup penting di negara adigdaya ini.

Kanada

Negara selanjutnya yang sudah mengimplementasikan jaringan 5G adalah Kanada. Meski demikian, 5G belum menjadi jaringan utama di sana. Jaringan 5G hanya bisa diakses di dua kota yakni Calgary and Endmonton melalui dua operator yaitu Bell and Telus.

Australia dan Selandia Baru

Australia ini sudah mengembangkan jaringan teknologi 5G, khususnya di sepanjang pantai timur dengan operator utamanya yakni Telstra. Tetapi, kecepatan jaringan 5G lebih cepat bisa diakses di Sydney, Melbourne, Newcastle, Brisbane, Townsville, dan sejumlah kota yang populer dikunjungi turis di sepanjang pantai timur.

Sementara itu, jaringan 5G di Selandia Baru tersedia berkat Vodafone. Adapun, kota-kota yang menyediakan jaringan ini adalah Christchurch, Wellington, dan Queenstown.

Inggris

Jaringan 5G di Inggris bisa dinikmati warganya hampir di semua kota besar. Empat operator utamanya adalah  Vodafone, O2, Three, dan EE. Maka tak heran jika Inggris menjadi negara yang memiliki jaringan 5G paling besar di dunia.

Irlandia

Jaringan 5G untuk teknologi telekomunikasi bisa diakses di sejumlah kota besar antara lain Dublin, Limerick, Waterford, Wexford, dan Cork. Adapun, penyedia jaringannya adalah Vodafone dan Eir.  

Negara di Eropa

Jika mengunjungi berbagai daerah di Eropa Barat, tentu tidak akan asing lagi dengan jarigan 5G di sana. Mayoritas Negara di kawasan Eropa Barat sudah menikmati teknologi 5G, tetapi jaringan ini tidak tersedia di semua negara di Uni Eropa. 

Negara-negara misalnya Austria, Swiss, Jerman, Belgia, Belanda, dan Polandia sudah memiliki jaringan 5G. Sebaliknya, Prancis dan negara-negara lainnya belum memiliki.

Jaringan 5G di Italia hanya bisa diakses di Roma dan Naples melalui Vodafone dan TIM, sedangkan Spanyol memasok teknologi 5G di sejumlah kota besar antara lain Madrid, Barcelona dan Valencia.

Di Eropa Utara misalnya Norwegia, Swedia, Denmark, Finlandia, dan Latvia juga sudah memiliki jaringan 5G di beberapa kota besarnya.

Baca juga: Ulasan Desain ASUS Zenfone 6 ZS630KL yang Elegan

Negara di Asia dengan Jaringan 5G

Jaringan 5G ternyata sudah banyak diterapkan di berbagai negara Asia misalnya China, Thailand, Jepang, dan Korea Selatan.

Korea Selatan adalah salah satu dari beberapa negara di Asia yang menyediakan jaringan 5G secara komersial pada tahun lalu. Meski belum ada konsenses atas siapa yang membuka akses teknologi pertama kalinya di Asia pada 2019, warga di Negeri Ginseng ini bisa menikmati cepatnya jaringan ini berkat SK Telecom, KT and LG U+.

Sedangkan di Filipina, akses 5G ini bisa diakses di dua kota besar yaitu Manila dan Cabanatuan melalui Globe Telecom. Di Jepang, mayoritas kota besar sudah menyediakan jaringan ini melalui Softbank, NTT Docomo and KDDI(Au). Singapura juga sudah membuka akses 5G untuk semua warganya melalui MTN.   

Benua Afrika

Sebagian besar kawasan di Benua Afrika belum bisa menikmati teknologi ini, meski 5G sudah bisa diakses luas di Afrika Selatan. Warga di Madagascar, terutama di Antananarivo dan Toamasina,  bisa menikmati 5G melalui Telma Mobile SA.

Dengan adanya pengembangan jaringan 5G ini tentu saja akan mempermudah manusia untuk melakukan interaksi telekomunikasi bukan?