4 Tips Foto Produk dengan HP Termudah untuk Pemula
Sumber gambar: pexels.com/cottonbro

4 Tips Foto Produk dengan HP Termudah untuk Pemula

Diposting pada

Duh… duh… Kok rasanya susah sekali ya foto produk jualan yang bagus lewat HP. Eits… Ada tips foto produk dengan HP yang mudah kamu coba, lho! Tentu saja, device yang perlu kamu gunakan tidak perlu yang mahal, bahkan yang murah pun bisa asal tekniknya benar. 

Memasarkan produk tentu saja  membutuhkan konten yang menarik. Sehingga kamu bisa mencuri perhatian calon pembeli lebih banyak. Namun sayangnya masih banyak yang beranggapan bahwa foto produk yang bagus hanya dihasilkan oleh kamera mahal yang lengkap dengan peralatan berkualitas tinggi. 

Haruskah Foto Produk Jualan Menggunakan Kamera Mahal?

Tidak! Kenyataannya itu salah! Apalagi untuk orang yang menjalankan bisnis online dan masih memiliki dana terbatas untuk membeli kamera profesional. 

Kamu bisa kok menggunakan HP sebagai alternatif bahkan kualitas jepretan produk yang dihasilkan oleh barang canggih tersebut bisa lebih unik dari hasil kamera profesional dengan menggunakan sejumlah proses retouching pasca pemotretan. 

Tips Foto Produk dengan HP Termudah

tips foto produk dengan HP Simpel
Sumber gambar: pexels.com/Ron-Lach

Bagi kamu yang penasaran mencoba cara ini, berikut beberapa tips agar foto produk yang kamu hasilkan terlihat lebih profesional meski hanya menggunakan kamera smartphone.

1. Ubah Resolusi Kamera

Kualitas kamera HP atau smartphone saat ini tentunya tidak kalah dengan beberapa perangkat khusus untuk mengambil foto dan video. Setidaknya rata-rata smartphone sudah memiliki resolusi di atas 5 megapiksel

Nah, dengan kualitas tersebut, HP yang kamu punya mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang baik. Apalagi jika kamu menggunakan HP dengan resolusi tinggi. 

Hasilnya? 

Tentu akan lebih baik. Selain itu, ada banyak kamera smartphone dengan sistem manual yang bisa kamu atur resolusi kameranya. 

Kamu perlu memanfaatkan resolusi yang lebih tinggi untuk menghasilkan foto produk yang berkualitas. Selain mengatur resolusi, kamu juga perlu mengatur ISO, white balance, dll dengan benar.

2. Hindari Penggunaan Fitur Zoom

Mengambil gambar dengan kamera smartphone umumnya akan mengurangi objek yang ditangkap. Jika objek yang ingin kamu foto cukup jauh, cobalah untuk tidak menggunakan fungsi zoom. 

Tentu saja, dengan memperbesar gambar menggunakan fungsi zoom hanya akan menghasilkan gambar yang rusak dan resolusi rendah, sehingga menghasilkan gambar yang kurang tajam. 

Untuk kualitas foto, kamu sangat disarankan mengambil foto produk dari dekat apabila ingin mendapatkan efek foto objek yang lebih detail. 

3. Pakai Background/Latar Belakang Yang Sesuai

Pemilihan background foto produk sangatlah penting. Hal tersebut tidak hanya berlaku untuk foto yang akan kamu unggah ke jejaring sosial. Namun kamu juga bisa menggunakan foto tersebut untuk kamu tampilkan di media periklanan lain seperti flyer, banner, website, dll. 

Nah, latar belakang foto bisa berbeda-beda. Kamu bisa menggunakan latar belakang yang polos atau beragam namun sesuai dengan produk, dll.  Background pasti akan membuat produk yang kamu foto semakin baik. 

Penggunaan latar belakang polos juga akan mendorong konsumen untuk fokus pada produk. Opsi ini sangat cocok apabila foto produk kamu gunakan untuk dipasang di katalog. Sementara itu, latar belakang aksen atau beragam yang tepat bisa menonjolkan nilai produk yang kamu foto. 

Misalnya, kamu ingin memotret produk herbal. Nah, kamu bisa menggunakan aksen alami seperti kayu atau daun. Namun, cobalah untuk tidak terlalu fokus pada latar belakang supaya hasilnya tidak berlebihan. 

Sehingga konsumen bisa tetap  fokus pada produk yang kamu jual. Kamu juga harus memilih kombinasi warna yang tepat pada latar belakang.

4. Pencahayaan Yang Baik

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan yaitu pencahayaan. Pencahayaan yang buruk tentu saja akan mempengaruhi kualitas foto. 

Jika ada kekurangan cahaya, kamu bisa menggunakan lampu duduk yang dipasang di sisi kanan atau kiri produk. Kamu juga bisa menggunakan sinar matahari untuk hasil yang lebih natural (jika ingin mengambil gambar di siang hari). 

Tidak disarankan untuk menggunakan flash pada kamera jika kamu merasa pencahayaan kurang. Fitur flash hanya akan membuat foto yang kamu ambil tidak bagus dan terlihat resolusinya sangat rendah. 

Jadi jika memang kamu tidak punya lampu duduk untuk membantu pencahayaan, maka coba ambil gambar pada siang hari saja. Jadi itulah empat tips foto produk dengan HP mudah yang bisa kamu coba pelajari. Selanjutnya, jika ingin mendapatkan hasil foto lebih baik, kamu bisa mengeditnya menggunakan aplikasi editing foto yang bisa kamu unduh langsung di Google Play Store atau Apple Store.