Mengenal Lebih Dekat Suku yang Ada di Sulawesi Tengah

Mengenal Lebih Dekat Suku yang Ada di Sulawesi Tengah

Diposting pada

Sulawesi Tengah adalah salah satu propinsi yang ada di pulau Sulawesi. Dengan Palu sebagai Ibu kota propinsi, Sulawesi Tengah dikenal sebagai propinsi yang memiliki wilayah terluas. Dengan daerah yang luas, suku yang ada di Sulawesi Tengah pun sangat banyak.

Sejak dahulu propinsi ini memang dikenal sebagai propinsi dengan suku dan jumlah penduduk terbanyak setelah Sulawesi Selatan. Banyaknya suku yang ada di propinsi ini menyebabkan adat dan tradisi di sini juga sangat beragam. Kini bahkan telah menjadi daya tarik wisata.

11 Suku yang Ada di Sulawesi Tengah yang Harus Diketahui

Sulawesi Tengah memiliki banyak suku yang memiliki adat istiadat dan tradisi yang beraneka ragam. Suku bangsa yang ada di Sulawesi Tengah ini telah menjadi bagian dari kekayaan budaya di Indonesia. Berikut adalah nama-mana sukunya;

1.Suku Kaidipang

Suku yang ada di Sulawesi Tengah dan termasuk sub suku bangsa Mongondow ini, mendiami kecamatan Kaidipang, Kabupaten Bolaang Mongondow. Berdekatan dengan propinsi Gorontalo, bahasa sehari-hari yang digunakan adalah dialek Kaidipang.

Pada zaman dahulu suku Kaidipang adalah bagian dari kerajaan Kaidipang. Kemudian ikut bergabung dengan kerajaan Bolaang pada tahun 1910 dan membentuk kerajaan baru. Perlahan kerajaan tersebut pun lenyap.

2. Suku Lamusa

Suku yang ada di Sulawesi Tengah sejak lama adalah suku Lamusa yang mendiami sekitar Danau Poso. Suku ini oleh ahli etnografi telah dikelompokkan menjadi bagian dari suku Pamona. Suku ini pun memiliki dialek yang berbeda dengan suku lain.

3. Suku Pamona

Sama dengan suku Lamusa, suku yang ada di Sulawesi Tengah ini berada di Kabupaten Poso. Tersebar pula di Kabupaten Morowali hingga Tojo Una-Una. Suku masih memegang teguh adat suku.

Beberapa unsur budaya yang masih dipertahankan hingga sekarang adalah bahasa daerah. Ada juga system perkawinan dan Posintuwu. Posintuwu adalah adat memberi bantuan kepada keluarga yang sedang melaksanakan perkawinan.

Tradisi budaya yang juga bertahan adalah kesenian tari, music dan seni suara. Tak lupa adat Padungku. Yaitu adat perayaan ucapan syukur yang dilakukan setelah panen raya yang melimpah.

4. Suku Kaili

Suku Kaili adalah salah satu suku yang ada di Sulawesi Tengah dan termasuk suku mayoritas. Suku ini memiliki keanekaragaman budaya, bahasa serta peninggalan nenek moyang. Peninggalan berupa benda seni hingga rumah tradisional suku Kaili.

Suku ini mendiami lembah Palu dan terkenal memiliki sikap kekeluargaan yang erat. Sebelum mengenal Islam, suku ini percaya dengan kekuatan ghaib dan menjadikannya kepercayaan. Kini setelah Islam tersebar, kepercayaan itu pun punah secara perlahan.

Baca juga: Ide Bisnis yang Menargetkan Pasar Warga Lansia yang Berkembang Pesat

5. Suku Kadambuku

Hampir sama dengan suku Lamusu, suku terkenal yang ada di Sulawesi Tengah ini digolongkan dalam suku Pamona. Mendiami sekitar Danau Poso, suku ini juga memiliki tradisi dan adat yang beragam. Kemudian menjadi kekayaan budaya Sulawesi Tengah.

6. Suku Buol

Suku yang ada di Sulawesi Tengah ini merupakan etnis bangsa yang terdapat di Kabupaten Toli-Toli Sulawesi Tengah. Tersebar di Kecamatan Biau, Paleleh dan Momunu. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Toli-Toli.

Menurut sejarah di wilayah yang didiami oleh suku Buol terdapat kerajaan dengan nama Buol. Pada masa ini golongan suku dapat digolongkan dari atribut pakaiannya. Hingga ketika Islam masuk, penggolongan masyarakat ini mulai hilang.

7. Suku Mian Banggai

Suku ini adalah salah satu sub suku dari suku Banggai. Suku Mian Banggai mendiami pulau Banggai yang masuk wilayah Kabupaten Banggai. Bahasa yang digunakan adalah dialek Banggai. Adat dan tradisi di suku ini masih kental hingga sekarang.

8. Suku Balaesang

Suku Balaesang adalah salah satu suku yang ada di Sulawesi Tengah yang mendiami Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala. Termasuk sub suku Tomini. Suku ini memiliki kearifan local yang menyatu dengan alam.

Salah satunya adalah dengan tidak mengizinkan perahu bermesin di Danau Rano. Tujuannya tentu saja untuk menjaga kelestarian Danau agar tidak tercemar. Tradisi kearifan local ini tetap terjaga hingga sekarang.

9. Suku Mori

Salah satu sukuĀ  di Sulawesi Tengah ini berada di daerah pesisir timur, tepatnya di teluk Mori. Suku Mori adalah suku etnik yang besar di Sulawesi Tengah. Suku ini masuk dalam wilayah Kabupaten Morowali.

10. Suku Lore

Suku Lore sering juga disebut orang Bada atau orang Napu. Mereka berdiam di  Kecamatan Lore Utara dan Lore Selatan,Kabupaten Poso. Bahasa suku ini memiliki 2 dailek yaitu, dialek Napu dan dialek Bada yang ada di Lore Selatan.

Suku Lore sebagian besar hidup dari pertanian. Selain menanam padi dan jagung, mereka juga menanam kopi dan cengkeh. Suku ini juga dikenal pula sebagai pengrajin besi. Pacul dan membuat parang.

11. Suku Mamasa

Suku Mamasa berasal dari Sulawesi Barat, tapi suku ini juga dapat ditemukan di Sulawesi Tengah tepatnya di kabupaten Banggai. Merupakan sub suku Toraja, hingga adat istiadatnya hampir sama dengan Toraja. Bahasa yang digunakan juga mirip.

Demikianlah beberapa suku yang ada di Sulawesi Tengah yang harus diketahui. Tidak hanya wisata kuliner dan wisata alamnya yang wajib tahu. Mengenal beragam suku dengan berbagai budayanya juga penting.